Mengenang (Profil Singkat) Gombloh Penyanyi Legendaris Indonesia

Jakarta, jalurseleberiti.com,-
Gombloh penyanyi legendaris yang berasal dari Surabaya seperti dilansir dari Kanal Youtube Anak Rantau, meski Gombloh sudah tidak ada, namun nama Gombloh sebagai penyanyi dan pencipta lagu tetap dikenang hingga saat ini.

Gombloh memiliki nama asli Soedjarwoto Soemarsono, lahir di Jombang tanggal 14 Juli 1948, Gombloh adalah anak ke-4 dari 6 bersaudara dari pasangan Slamet dan Patukha.

Nama dibelakangnya Soemarsono dia tambahkan sendiri. Jadilah ia bernama lengkap ‘Soedjarwoto Soemarsono’. Semenjak kecil ia juga mendapat julukan ‘Gombloh’. Julukan yang sebenarnya bermakna ‘Nggomblohi’ atau ‘pura-pura bodoh’, namun membawa hoki dalam karier bermusiknya.

Sang ayah adalah seorang pedagang ayam potong dipasar tradisional di Kota Jombang, sebagai orang tua Slamet sangat berharap anak-anaknya dapat bersekolah tinggi agar memiliki kehidupan yang lebih baik.

Oleh sebab itu begitu menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 5 Surabaya, Gombloh melanjutkan ke jurusan Teknike Arsitektur di Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) di Surabaya.

Namun kuliah di ITS sangat bertentangan dengan keinginan Gombloh, karena ingin membahagiakan kedua orang tuanya Gombloh pun menurut, setelah beberapa lama hati Gombloh mulai berontak.

Gombloh tidak menginginkan sesuatu yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya, Gombloh pun nekat membolos demi menekuni hobi bermusiknya, hingga suatu ketika sang ayah menerima sepucuk surat yang berisi peringatan dari kampus tempat Gombloh kuliah.

Untuk menghindari perdebatan panjang dengan orang tuanya Gombloh lalu kabur ke Bali. Di Pulau Dewata itu Gombloh berpetualang sebagai seniman, di Bali Gombloh mendapatkan kehidupan yang selama ini jadi dambaannya, hidup tenang jiwa bebas tanpa tekanan disiplin ketat dan rutinitas jadwal kuliah.

Musisi sederhana dan idealis ini menghembuskan nafas terakhirnya di Surabaya pada tanggal 9 Januari 1988, diusia 40 tahun. Penyakit paru-paru yang memang sudah lama menggerogoti tubuh kurus Gombloh akibat kebiasaannya merokok dan begadang pada akhirnya merenggut jiwa sang seniman yang kreatif ini, selamat jalan sang seniman semoga amal ibadahmu diterima disisi-Nya, Aamiin YRA.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama