The Beatles Grup Band Yang Awalnya Berganti-Ganti Nama

Jakarta, jalurseleberiti.com,-The Beatles nama grup band dunia yang sangat kita kenal, nama The Beatles atau grup band ini sebelumnya berubah-ubah dari awal berdiri grup band ini bernama

The Black Jacks, kemudian berganti nama menjadi The Quarry Men, setelah itu mengganti nama menjadi Johnny and the Moondogs.

Pada April 1960 grup band ini mengganti nama lagi jadi The Nerk Twins, dan sebulan kemudian berubah nama lagi The Silver Beetles, berubah nama lagi jadi The Silver Beats, dan berubah menjadi The Silver Beatles, akhirnya kata Silver-nya dibuang sehingga menjadi “The Beatles”. Grup The Beatles berganti nama perjalanannya seperti di bawah ini (sumber : The Beatles Fans Club Indonesia)

Grup band ini awal mulanya pada Maret 1957 bernama “The Black Jacks”. Anggotanya adalah John Lennon dan teman sekolahnya, Shotten. Dan nama grup ini dipakai hanya 1 minggu, karena John lennon lalu mengubah nama band ini menjadi “The Quarry Men”, diambil dari nama sekolah mereka, Quarry Bank High.

Personil band ini adalah : John Lennon (Gitar,Vocal),
Pete Shotten (Washboard),
Rod Davis (Banjo)
Eric Griffiths (Guitar), Colin Hanton (Drums).

Sementara pemain bas nya berganti-ganti. Nama-nama yg tercatat sebagai basist grup ini diantaranya;
Bill Smith, Len Garry, Ivan Vaughan, dan Nigel Whalley.

The Quarry Men bertemu pertama kali dengan Paul McCartney pada Juli 1959, dalam sebuah konser di Gereja St. Peter’s Parish di  Woolton, tidak jauh dari rumah  John Lennon di Menlove Avenue. John sangat terkesan dengan permainan gitar Paul. Lebih-lebih lagi Paul mampu membawakan lagu kesukaan John, “Twenty Flight Rock” dengan sangat sempurna. Beberapa minggu kemudian, Paul resmi menjadi personil The Quarry Men.

Lalu teman dekat Paul, George Harrison bergabung dalam band ini menggantikan guitarist Eric Griffiths.
Waktu itu George berumur 14 tahun namun bakat bermain gitarnya sudah kelihatan. Waktu Audisi, George menunjukan kehebatan permainan gitarnya pada John Lennon dengan memainkan lagu instrumental, “Raunchy”.

The Quarry Men  berganti nama menjadi “Johnny and the Moondogs.” Diawaki oleh John Lennon, Paul McCartney,George Harrison, Colin Hanton dan John Lowe.

Formasi ini merekam dua single yang belakangan disebut-sebut sebagai rekaman pertama the beatles ; “That’ll Be The Day,” dan Spite Of All The Danger.”

Dalam masa ini duet penulis lagu Lennon-McCartney memulai debutnya dengan menulis beberapa lagu terkenal the beatles yang diantaranya adalah  “Love Me Do,” ” One After 909,” “Hello Little Girl,” dan “When I’m Sixty-Four.” Dan pada April 1960 Nama band ini berubah menjadi “The Nerk Twins”. Namun sebulan kemudian tepatnya May 1960
Berubah lagi menjadi “The Beatals” dengan personil John, Paul, George dan teman john, Stuart Sutcliffe. Menurut John, nama The Beatals terinspirasi oleh nama band “The Crickets”. Ia ingin nama band yang terdengar seperti nama serangga namun juga memiliki unsur “beat” didalamnya. Setelah sadar bahwa nama baru band ini tidak begitu menjual, John mengganti nama lagi menjadi “The Silver Beetles”

Pada bulan Juni 1960 Nama “The Silver Beetles” berubah lagi menjadi “The Silver Beats”. Masih tidak membawa hoki, The Silver Beats lalu menjelma menjadi “The Beatles”
John sengaja mengganti salah satu huruf “e“ dengan “a” pada kata The beetles agar tidak mengandung arti  “kumbang” namun ketika dilafalkan masih terdengar seperti “kumbang”

Dan pada bulan Juli 1960 The Beatles berganti nama menjadi “The Silver Beatles”, namun konon waktu merancang desain poster untuk keperluan konser, Tulisan The Silver Beatles dirasa terlalu panjang sehingga tidak muat di kertas poster, makanya Kata Silver-nya dibuang sehingga menjadi “The Beatles”.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama