Hj. Nina Hasyim Penyanyi Dangdut Yang Pernah Menjabat Kepala Desa Parung Panjang Kabupaten Bogor

Parung Panjang-Bogor, jalurseleberiti.com,- Menurut Nina Hasyim mengenai lagu Gosip yang dirilisnya, banyak masukan dari teman-temannya kalau lagu ini cocok buat senam, dan suaminya pun sangat mendukung single yang dirilisnya. Lewat obralan dangdut (Odading) Nina Hasyim menceritakan perjalanan hidupnya, sampai pernah menjabat Kepala Desa Parung Panjang Kabupaten Bogor periode 2013-2019.

Namun diera Pandemi Covid-19, Nina Hasyim kembali mencoba ke blantika musik dangdut, walau diera 90’an Nina Hasyim dikenal sebagai penyanyi dangdut dari panggung ke panggung namun pada waktu itu belum sempat mengeluarkan album dangdut. Sebagai penyanyi dangdut sudah tentu Nina Hasyim mempunyai suara yang merdu dan goyang dangdut yang jadi ciri khas pedangdut.

Pada tahun 2011, hijrah kembali ke kampung halamannya di Parung Panjang Bogor dan pada tahun itu kebetulan ada pemilihan kepala desa, “ada beberapa tokoh masyarakat meminta saya menjadi kepala desa dan Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat akhirnya saya terpilih menjadi Kepala Desa Parung Panjang Masa Bakti 2013 sampai dengan 2019” tuturnya.

Adaptasi dari seorang penyanyi panggung menjadi kepala desa buat Nina Hasyim tidaklah terlalu sulit mengingat sudah terbiasa tampil di panggung ditonton banyak orang, juga komunikasi dengan masyarakat sejak menjadi kepala desa juga tidak mengalami kesulitan. “Namun sebagai kepala desa tetap ada aturan pemerintah dan Undang Undang Desa yang harus kita pahami dan harus kita jalani dan harus kita kuasai, tetapi Alhamdulillah berkat pelatihan, berkat sharing dan kedekatan dengan senior-senior Alhamdulillah saya menjalani sebagai kepala desa dengan nyaman”, kiatnya ketika menjabat kepala desa.

Saat menjabat Kepala Desa Parung Panjang, Nina Hasyim juga suka menyanyi sebagai media sosialisasi kepada masyarakat agar semakin dekat dengan berbagai lapisan masyarakat, “karena dari dulu warga di Parung Panjang sudah tahu bahwa saya ini penyanyi, makanya ketika saya jadi kepala desa maka ketika ada masyarakat mengundang disatu acara seperti pesta nikah, tuan rumah request saya untuk menyanyi, bahkan kalau saya tiba disatu undangan pernikahan saya diminta menyanyi terlebih dahulu sebelum saya menikmati makanan, tapi saya senang karena masyarakat Parung Panjang banyaklah penggemar dangdut” kenangnya.

Sebagai kepala desa waktu itu, namun sering tampil untuk menyanyi dangdut yang dikenal dengan goyangannya namun kiatnya tetap menjaga kewibawaan sebagai kepala desa, “memang jujur goyangannya tetap terbatas”, akunya. Selama menjabat kepala desa banyak yang dilakukan Nina Hasyim, seperti demo dan sempat membuat lagu seperti jalan-jalan trotoar di Parung Panjang tidak mengalami kerusakan yang berakibat kecelakaan dan dengan lagu itu tidak ada kecelakaan yang terjadi, “ada rasa bangga tentunya dan sebetulnya itu jalan provinsi yang kebetulan ada di desa saya Parung Panjang sekitar”.

“Itu kan jalan jalur provinsi hanya kebetulan melewati batas desa, jadi sebagian masyarakat desa Parung Panjang sekitarnya yang menggunakan jalan tersebut, jalan itu memang hancur sering rusak karena banyak kendaraan berat melintasinya, masyarakat sering demo, tapi saya menyikapinya mengajak baik-baik dengan berkomunikasi, wajar masyarakat ingin yang terbaik tetapi kami tidak bisa melangkahi aturan-aturan dan undang-undang, tapi Alhamdulillah saya sampai bikin lagu, saya minta tolong Mbak Astrid untuk membuatkan lagu tentang Parung Panjang, dan Alhamdulillah sempat agak viral juga, sampai ke Pemda itu lagu, tapi respon itu saya tidak tahu apakah itu karena lagu atau memang waktunya ada pembangunan jalan”, paparnya.

Sementara tentang single lagunya Nina Hasyim mengatakan itu semua karena hobi nyanyi, namun Nina Hasyim menyadari saat ini faktor usia sudah kurang mendukung untuk dunia hiburan. Hanya dengan merilis single ada kepuasan tersendiri bisa berkarya diusia yang tidak muda lagi. Artinya single lagunya tidak ada target apapun hanya sebagai seniman tetap berkarya dan menyalurkan hobi saja. Nina Hasyim belum lama ini merilis single dangdut, karya cipta H. Ukat S, yang berjudul Gosip.

Nina Hasyim mantan Kepala Desa yang back to basic kedunia Entertain, diusia yang tidak muda. Pesan Nina Hasyim kepada generasi muda yang suka dengan musik dangdut dan ingin terjun ke dunia dangdut, “harus memiliki niat dahulu, keinginan, seperti mau jadi artis dangdut, berusaha mencari teman yang memang benar-benar di jalur dangdut jadi bisa mengarahkan, misal pengen jadi artis itu seperti apa dan semua butuh perjuangan bukan hanya modal suara saja” demikian pedangdut Nina Hasyim nenek 4 cucu menutup pembicaraan.(Red)

Baca juga : Nina Hasyim Rekaman Lagu Dangdut Berjudul GOSIP, Ciptaan H. Ukat S…..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama