Bruce Dickinson Vokalis Iron Maiden Yang Juga Dikenal Sebagai Seorang Pilot

Jakarta, jalurseleberiti.com, Paul Bruce Dickinson atau lebih dikenal dengan nama Bruce Dickinson, lahir 7 Agustus 1958 di Worksop, Nottinghamshire, Inggris, merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu berkebangsaan Inggris (dilansir dari berbagai sumber). Dia pernah menjadi vokalis di grup musik Iron Maiden dan Samson. Dia berkarier di dunia musik sejak tahun 1976.

Lahir dari pasangan Bruce, mekanis untuk tentara dan Sonia, penjaga toko sepatu, Bruce tumbuh di bawah asuhan kakeknya, pekerja tambang batu bara. Masa kecilnya tersebut ia habiskan dengan berpindah-pindah sekolah, di antaranya Manton Primary, Manor Top, Sharrow Vale Junior, dan Oundle (Northamptonshire). Ketertarikannya akan musik rock dimulai saat ia bersekolah di Oundle. Di sanalah ia pertama kali mendengar lagu Deep Purple, Child In Time. Album DEEP PURPLE’S IN ROCK adalah album rock pertama yang ia beli. Sekembalinya ke Sheffield di tahun 1976, Bruce membentuk band pertamanya, STYX sebagai vokalis.

Mengawali karir profesionalnya berawal ketika ia dilihat Barry Graham dan Paul Samson, 2 musisi itu menawarkan Bruce ke Grup Musik Samson. Bruce pun bergabung dengan Grup Band Samson, sambil menyelesaikan kuliahnya, dengan Grup Samson Bruce Dickinson merilis album perdananya yaitu Survivors pada tahun 1979.

Saat masih bergabung dengan Paul Samson dan kawan-kawan, Bruce Dickinson sangat menganggumi Grup Band Iron Maiden, yang akhirnya menjadi bandnya, awalnya ia kagum dengan musik yang dibawakan Iron Maiden, karena menurut dia cara bermusik Iron Maiden sangat pas untuk dirinya dibanding Samson. Karirnya dengan Band Samson berakhir dengan penampilan terakhir di Reading Festival.

Bergabung dengan Iron Maiden, Bruce Dickinson melalui audisi, yang berjalan sangat lancar, hal ini karena vokal power metalnya yang khas. Di Bulan September 1981, ia resmi bergabung dengan Steve Harris dan kawan-kawan di Iron Maiden.

Karirnya melaju pesat bersama Iron Maiden, terbukti dari banyaknya pertunjukan yang mereka jalani dalam tour-tour panjang pada tahun 1983 s/d 1984. Karirnya dengan Iron Maiden mulai goyah karena perselisihan pribadi Bruce Dickinson dengan personel lainnya.

Tanpa ada perpisahan resmi Bruce Dickinson berpisah dengan Iron Maiden di tahun 1993, namun 6 tahun kemudian Iron Maiden bersatu kembali ketika pada tahun 1999 Bruce Dickinson kembali bergabung dan menjadi vokalis utamanya hingga sekarang ini.

Sosok Bruce Dickinson memang unik, karena kesibukannya sebagai seorang vokalis band kelas atas, tidak bisa menghalanginya untuk mengejar cita-citanya sebagai pilot. Bruce Dickinson belajar menerbangkan pesawat di Florida Amerika Serikat pada tahun 1990 dan berhasil lulus menjadi pilot.

Pada tahun 2008-2009 untuk pertama kalinya Bruce Dickinson menerbangkan pesawat Boeing 757 milik bandnya Iron Maiden dalam rangka tour, bahkan Bruce Dickinson juga menerbangkan pesawat tersebut ketika Iron Maiden tour ke Indonesia pada 2011.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama