Guns N' Roses Grup Band Rock Dunia

Jakarta, jalurseleberiti.com, Guns N’ Roses adalah kelompok musik hard rock dari Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1984 dan secara resmi pada Maret tahun 1985 . Anggota pendiri Guns N’ Roses adalah Axl Rose yang merupakan eks vokalis Hollywood Rose dan Tracii Guns yang juga eks gitaris L.A Guns. Grup yang didirikan di Los Angeles, Amerika Serikat ini sempat berganti-ganti personel bahkan gitaris sekaligus pendiri Guns N’ Roses Tracii Guns pun hengkang dari grup ini. Bermula Pada tahun 1983, ketika itu setelah gagal bergabung dengan Poison bersama teman masa kecilnya, Steven Adler, mereka bersama membentuk Road Crew.

Slash menempatkan iklan di sehelai koran untuk pemain bass, dan setelah itu ia menerima jawaban dari Duff McKagan. Ketika Road Crew bubar, Slash bergabung dengan band lokal, Black Sheep. Diketuai oleh Willie Bass, band ini kemudian saling berbagi seorang agen dengan band lainnya, yang dikenal sebagai Hollywood Rose.

Pada 1984, kedua band tersebut membuka untuk band Christian Metal Stryper. Setelah pertunjukan tersebut, Slash dan lead singer Axl Rose diperkenalkan kepada satu sama lain oleh seorang teman. Keduanya dengan cepat menjadi teman, dan setelah beberapa bulan, Slash dan Steven Adler diundang bergabung dengan Axl Rose, Duff McKagan dan Izzy Stradlin sebagai personel band, Guns N Roses.

Band ini sangat terkenal di era 80-an dan 90-an. Mereka pertama kali melejit lewat album 1987 Appetite for Destruction Dengan hits Sweet Child O’Mine,Paradise City, dan Welcome To The Jungle dan kemudian merilis album akustik yang di beri nama G N’ R Lies dengan hits manis Patience dan kemudian menerbitkan dua album berbarengan Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II yang juga melejit dan meledak dengan beberapa hits fenomenal seperti Don’t Cry, November Rain, Civil War, Knockin’ on Heaven’s Door, dan Estranged. Album The Spaghetti Incident? yang mereka lepas tahun 1993 tampaknya adalah pertanda berakhirnya kejayaan Guns N’ Roses.

Album yang berisi lagu-lagu daur ulang dari artis lain ini tak bisa meraup keuntungan seperti album-album sebelumnya. Guns N’ Roses berada di puncak kejayaan mereka dengan formasi: Axl Rose – lead vocal, Slash – guitar, Izzy Stradlin (pada akhir tahun 1991, Izzy keluar dan posisinya digantikan oleh Gilby Clarke) – rhythm guitar, Duff McKagan – bass, Dizzy Reed – keyboard dan Matt Sorum – drums (dilansir dari Wikipedia).

Guns N’ Roses dikenal sebagai grup yang gonta ganti personel, band ini mengalami gonta ganti personel sebanyak 22 kali. Album perdana Guns N’ Roses pernah ditolak untuk diproduksi karena gambar sampul yang dinilai tak pantas, karena gambar yang diperlihatkan sosok wanita yang diperkosa oleh robot dan akhirnya oleh Guns N’ Roses gambar itu diganti dengan gambar salib dan tengkorak dari ciri khas masing-masing anggota Guns N’ Roses.

Guns N’ Roses adalah kelompok musik yang pada tahun 1991 dinobatkan sebagai Grup Band terbesar dan terhebat di dunia, itu terbukti saat ratusan toko dibuka sampai pagi hanya untuk menjual album pertama Guns N’ Roses. Karir Guns N’ Roses mulai redup pada tahun 1994, mereka ribut satu sama lain, dan mereka ketergantungan pada narkotika.

Hingga pada akhirnya album mereka yang ke-4 gagal dipasaran, dan pada tahun 1996 Slash memilih untuk meninggalkan Guns N’ Roses, yang diikuti oleh personel lainnya. Akhirnya Axl rose tinggal seorang diri, namun tetap mempertahankan merk GNR dan merekrut personel-personel baru, namun itu semua membuat kecewa para penggemarnya, hingga mereka mengeluarkan album ke-5 Chinese Democracy, sebagian penggemarnya memuji dan sebagian lagi memandang negatif.

Meski sering gonta-ganti personel namun karya-karya Guns N’ Roses akan tetap selalu dikenang sampai kini.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama