Paul McCartney Tulis Lagu Hey Jude, Terinspirasi Dari Perceraian Jhon Lennon dan Cynthia

Jakarta, jalurseleberiti.com – Hey Jude merupakan lagu diurutan ke-8 terbesar sepanjang sejarah versi Majalah Rolling Stones. Lagu Hey Jude diawal terdengar suara Paul McCartney yang merdu dan denting piano.

Lagu yang diiringi oleh 38 orang orkestra, dan lagu Hey Jude mempunyai durasi 7 menit. Jude dilagu ini di tulis oleh Paul McCartney untuk Julian Lennon putra John Lennon dari istri pertamanya Cynthia.

Lagu Hey Jude ditulis pada 1968 di musim panas, tak lama setelah Jhon Lennon menjalin hubungan dengan Yoko Ono, saat itu Cynthia ditinggalkan Jhon Lennon dari rumah mereka, dan meninggalkan Julian Lennon.

Paul McCartney menulis lagu karena perubahan yang ada pada diri Jhon Lennon saat itu. Kisah dilagu itu tentang Julian Lennon yang saat itu berusia 5 tahun. Dan pada tahun yang sama 1968 Jhon Lennon dan Cynthia bercerai.

Paul McCartney menulis lagu Hey Jude terinspirasi ketika dia mengunjungi Cynthia dan Julian Lennon. Sebelum bercerai dengan Jhon Lennon Cynthia dan anaknya merasa tersingkir dari lingkaran The Beatles setelah kedekatan Jhon Lennon dan Yoko Ono.

“Saya mulai dengan ide ‘Hey Jules’, yaitu Julian, don’t make it bad, take a sad song and make it better (bagian lirik lagu ‘Hey Jude’),” kata McCartney seperti ditulis Howard Sounes dalam “Fab: An Intimate Life of Paul McCartney”.

Hey cobalah hadapi hal yang mengerikan ini, fikir saya, saya tahu itu tidak akan mudah baginya, saya merasa selalu kasihan pada anak-anak yang orang tuanya bercerai, saya mendapatkan ide untuk lagu tersebut saat saya tiba disana, saya mengubahnya menjadi Jude karena saya berfikir itu terdengar lebih baik”, lanjut Paul McCartney.

“Paul bercerita dia memikirkan tentang keadaanku dan hal-hal yang ku alami dan bagaimana nanti hal-hal yang ku lalui, Paul dan aku lebih sering nongkrong bersama ketimbang kebersamaan antara aku dan ayah, persahabatan kami sangat hebat, kami juga punya lebih banyak foto bersama ketimbang fotoku dan ayahku”.

“Aku pun tidak pernah ingin tahu tentang bagaimana ayah dan apakah ia ingin bersamaku, yang ku ingat hanyalah hal-hal negatif dan lagu itu setiap kali aku mendengarnya terasa berbeda karena ada seseorang yang menuliskannya untukku, aku benar-benar tersentuh”, kata Julian Lennon.

Tidak mudah untuk melakukan rekaman Hey Jude (dikutip dari voi.id). Paul dan George sempat bertengkar hebat tentang bagian gitar. Ketika mereka memulai proses rekaman terakhir pada 31 Juli, Paul memulai tanpa menoleh ke belakang dan tidak menyadari bahwa tidak ada orang di bagian drum.

“Hey Jude berlangsung selama berjam-jam sebelum drum masuk dan ketika saya melakukannya, saya tiba-tiba merasa Ringo berjingkat melewati punggung saya dengan agak cepat, mencoba untuk mendapatkan drumnya. Dan saat dia memainkan drumnya, boom boom boom, waktunya benar-benar sempurna,” kata Paul McCartney.

Namun ia menganggap kecelakaan itu sebagai pertanda baik. “Ketika hal-hal itu terjadi, Anda akan tertawa dan bola lampu di kepala Anda padam dan Anda berpikir, ‘Inilah keputusannya!’ Dan Anda menambahkan sedikit lagi ke dalamnya.”

Video musik untuk Hey Jude lalu dirilis pada 4 September 1968. Klip tersebut sangat populer di mana para penonton berkumpul di sekitar piano untuk bernyanyi bersama. Video tersebut semacam reuni: kembalinya Ringo. Setelah dia berhenti pada 22 Agustus, dia melarikan diri ke Mediterania, bersembunyi bersama keluarganya di kapal pesiar Peter Sellers. Ringo Starr bergabung kembali pada saat syuting video; keesokan harinya, dia kembali ikut mengerjakan White Album di Abbey Road.(Red)

Baca juga : Ki Serbet Nova, Pembaca Puisi dan Penyanyi Panggung, Penggemar Berat Elvis Presley

Baca juga : Heru Tukul di Single Langgam Keroncong “Tragedi Virus Corona”

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama