Musisi Legendaris FRANKY SAHILATUA

Jakarta, jalurseleberiti.comFranky Hubert Sahilatua (16 Agustus 1952 – 20 April 2011) adalah penyanyi balada berdarah Maluku asal Surabaya, Indonesia. Franky adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara, yang di antaranya adalah Jane Sahilatua dan Johnny Sahilatua. Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky and Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.

Setelah duet ini mengakhiri kerja samanya, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier. Tahun 2006, Franky diangkat menjadi duta buruh migran Indonesia bersama Nini Carlina oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).

Franky mengawali karier bermusiknya pada tahun 1973 di Bengkel Musik “Lemon Trees”. Di sini bertemu dengan Leo Kristi, Gombloh, Arthur Kaunang, Murry dsb. Semasa hidupnya, Franky Sahilatua memang dikenal dekat dengan masyarakat kelas bawah (dikutip dari uzunmusika.blogspot).

Seperti yang dicatat dalam buku Musiku pada 2007, Franky juga pernah berduet dengan Gina dalam beberapa pertunjukan di Surabaya pada 1972-1973. Akhir 1974 Franky tak punya pasangan duet padahal dia mendapat tawaran tampil menjadi musisi pembuka pada konser Bimbo, dan pada akhirnya Franky mengajak Jane adiknya berduet, dan mereka kemudian dikenal dengan pasangan duet Franky and Jane.

Lirik-lirik lagu yang dinyanyikan oleh Franky dan Jane berisi tentang alam, seperti pada lagu Musim Bunga, Kepada Angin dan Burung-burung. Sebagai penulis lagu balada Franky banyak menulis lagu tentang kehidupan sehari-hari, seperti lagu yang berjudul Orang Pinggiran.

Film Ali Topan untuk soundtrack-nya ditulis oleh Franky. Setelah sukses berduet dengan Jane, akhirnya Franky mengakhiri kerjasamanya dengan Jane, karena Jane menikah dan akan memfokuskan dirinya bersama keluarganya, akhirnya Franky bersolo karier.

Pada 1996 Franky dan Iwan Fals menciptakan lagu Dibawah Tiang Bendera yang melatar belakangi terciptanya lagu itu adanya Peristiwa 27 Juli 1996. Lagu Kemesraan yang dipopulerkan oleh Iwan Fals merupakan lagu karangan Franky bersama Joni adiknya.

Franky juga pernah tampil sebagai aktivis sosial yang mungkin memberikan kritiknya kepada kebijakan-kebijakan yang tidak memihak kepada rakyat, dalam bentuk lagu maupun orasi.

Setelah lama tak terdengar kabarnya, sang penyanyi legendaris Franky Sahilatua tutup usia setelah bertarung dengan kanker sumsum tulang belakang, yang mengharuskan dirinya menjalankan perawatan intensif beberapa saat di Singapura dan Jakarta. Franky Sahilatua menghembuskan nafas terakhir di RS Medika Permata Hijau pada 20 April 2011 (sumber artikel : dari berbagai sumber).(Red)

Baca juga : Perjalanan Musik Sang Legenda FAVOURITE’S GROUP, Penulis : Jose Choa Linge (Bagian I)

Baca juga : Taufique Kharisma Pencipta Lagu Dangdut Cinta Terlarang, Dipopulerkan Oleh Nella kharisma dan Via Vallen

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama