Pink Floyd Grup Band Inggris Yang Dikenal Di Seluruh Dunia

Jakarta, jalurseleberiti.com – Mengusung genre band Progressive rock, Pink Floyd adalah grup band yang berasal dari Inggris. Pink Floyd dibentuk pada 1965, personel awal terdiri dari Bob Klose (gitar), Syd Barrett (vokal, gitar), Richard Wright (keyboards), Roger Waters (bass dan gitar acoustic) dan Nick Mason (drums).

Nama awal grup band ini adalah T-Set namun karena nama tersebut sudah ada yang punya, akhirnya di ganti menjadi Pink Floyd. Nama Pink Floyd diambil dari nama 2 musisi blues, yaitu : Pink Anderson dan Floyd Council.

Album perdana Pink Floyd terjual cukup banyak, diluncurkan pada bulan Agustus 1967, album yang bertajuk The Piper at the Gates of Dawn dianggap sebagai salah satu contoh terbaik musik psychedelic dari Inggris.

Lagu-lagu di album ini adalah campuran berbagai musik, dari lagu berbentuk bebas avant garde “Interstellar Overdrive” sampai lagu yang bernuansa melankolis seperti “Scarecrow” (terilhami oleh daerah pedesaan Fenlands di dekat kota kelahiran Barrett, Cambridge). Secara keseluruhan lagu-lagu Pink Floyd masuk dalam kategori susah dicerna, eksperimen mereka dengan bunyi terkadang sangat aneh dan sulit dimengerti.

Album ke-8 dan ke-9 Pink Floyd yang masing-masing berjudul The Dark Side of the Moon pada 1973 dan Wish You Were Here pada 1975 dianggap kritikus musik sebagai dianggap 2 album master piece mereka. Walau dari sisi penjualan belum mampu menandingi album ke-11 yang berjudul The Wall pada 1979 yang meraih 23 platinum dari angka penjualan.

Album The Wall yang sarat berisi kritik sosial dan politik, album ini dirilis ulang oleh banyak artis dalam rangka peringatan Runtuhnya Tembok Berlin. Secara total Grup Band Pink Floyd telah merilis 15 album, dan sukses dengan menjual 250 juta copy di seluruh dunia, dengan 74,5 juta terjual di Amerika Serikat.

Dengan terjualnya 250 juta copy, menempatkan Pink Floyd diurutan ke-7 dalam album terjual di seluruh dunia. Sampai kini Pink Floyd disebut-sebut sebagai salah satu grup band legendaris terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa, yang banyak mengeluarkan lagu-lagu hits dimasanya.

Pada 1994 Pink Floyd merilis album The Division Bell, dengan formasi saat David Gilmour, Richard Wright, dan Nick Mason. Pada 1996 Pink Floyd masuk dalam jajaran papan atas musik rock and roll dunia.(Red)

Baca juga : MAHISA AULIA DINSI Bintang Sinetron Tutur Tinular, Ramaikan Acara Pemilihan Excellent Model Akhir Tahun 2021

Baca juga : Publik Figur SHEILA KUSNADI dan 3 Sahabatnya Membuka Usaha Brand Clothing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama