Grup Band Hard Rock AC/DC Yang Berasal Dari Australia

Jakarta | jalurseleberiti.com ||

Grup AC/DC menjadi salah satu band Hardrock paling berpengaruh di era 70’an, dengan suara rock dan metal yang sempurna. Semua menjawab reaksi terhadap hardrock yang angkuh dan rock arena yang lamban di awal era 70’an.

Dikombinasikan dengan sang vokalis Larry Van Kriedt, Band AC/DC menelurkan peniru yang tidak terhitung jumlahnya selama dua dekade, hingga menikmati kesuksesan finansial sampai tahun 2000’an. Band AC/DC menorehkan hitsnya setelah Brian Johnson menggantikan Ben Scott.

AC/DC dibentuk pada 1973 di Australia oleh gitaris Malcolm Young setelah band sebelumnya yang bernama Velvet Underground. Bersama adiknya Angus Young sebagai gitaris utama, AC/DC mengadakan pertunjukan disekitar Sydney.

Angus Young saat itu baru berusia 18 tahun dan saudara perempuannya menyarankan agar dia memakai seragam sekolahnya di atas panggung, tampilan itu menjadi branding. AC/DC berpindah ke Melbourne pada tahun berikutnya drummer Phil Rudd dan bassist Mark Evans bergabung dengan band AC/DC.

Bon Scott yang menjadi supir band akhirnya menjadi vokalis utama band ketika Dave Evans menolak naik keatas panggung. Kehadiran Bon Scott sebagai vokalis memperkuat ciri Band AC/DC sebagai band yang kejam.

AC/DC secara sosial tidak dapat menyesuaikan diri sepanjang karier mereka, karena menyukai makna ganda dan cinta kekerasan dan semua di bumbui dengan rasa kesenangan yang nakal. Band AC/DC merilis dua album yaitu High Voltage dan TNT di Australia pada 1974 dan 1975. AC/DC mengadakan tour ke Amerika dan Inggris pada tahun yang sama.

Pada 1977 AC/DC merilis album Let There Be Rock (Australia) yang menjadi album pertama yang masuk Amerika. Lalu setelah itu Mark Evans meninggalkan band dan diganti oleh Cliff Williams.

Pada 1978 AC/DC merilis album Powerage, yang menjadikan AC/DC semakin populer ditambah pertunjukan live yang dinamis.
Pada 1979 AC/DC merilis album Highway to Hell, dan membuat grup band ini semakin luas dikenal dan album ini mencapai no.17 di Amerika dan no. 8 di Inggris, sekaligus menjadikan Band AC/DC dengan penjualan jutaan copy pertama.

Sebuah tragedi kereta Band AC/DC tergelincir dan Bon Scott meninggal pada 19 Februari 1980, tetapi laporan resmi mengatakan kematiannya karena sedang mabuk. Pada Maret 1980 sebuah tragedi kereta Band AC/DC tergelincir dan sebelumnya Bon Scott meninggal pada 19 Februari 1980, tetapi laporan resmi mengatakan kematiannya karena sedang mabuk.

Pada Maret 1980 formasi Bon Scott digantikan Brian Johnson. Pada April 1980 Band AC/DC merekam album Back in Black dan terjual 42 juta copy di seluruh dunia.

Band AC/DC ditahun-tahun selanjutnya tercatat sebagai band rock terbesar di dunia. Pada 1983 Phil Rudd mundur dari AC/DC setelah rilis album Flick of the Switch dan digantikan oleh Simon Wright.

Namun album Flick of the Switch kurang sukses hingga pada 1990 diluncurkan album The Razor’s Edge. Pada 1995 album Ballbreaker dirilis, album ini mendapat ulasan paling positif sepanjang karier AC/DC dan terjual 1 juta copy dalam 6 bulan pertama.

Pada tahun 2000 AC/DC merilis album Stiff Upper Lip. Pada 2014 AC/DC mengumumkan bahwa Malcolm Young telah mengundurkan diri dari band karena menderita demensia.

Formasi Malcolm Young di gantikan keponakannya Stevie Young di sesi rekaman dan tour ulang tahun ke-40 AC/DC. Tepat sebelum rilis Rock or Bust pada Desember 2014, drummer Phil Rudd ditangkap karena dituduh mencoba melakukan pembunuhan, mengancam akan membunuh dan memiliki ganja.

Meskipun tuduhan pembunuhan dibatalkan, namun tuduhan lain tetap berjalan, masa depan sang drummer tanpa kepastian. AC/DC tetap eksis bergerak maju dengan merilis album Rock or Bust dan mengadakan tour pada 2015.

Pada 2017 AC/DC Malcolm Young meninggal dunia pada bulan November di usia 64 tahun. Pada 2020 AC/DC merilis album Power Up dan menjadi no. 1 tiga kali berturut-turut di Australia dan menduduki puncak tangga lagu ke-3 di Amerika.

Itulah sekilas perjalanan Grup Band Hardrock AC/DC yang berasal dari Australia (dari berbagai sumber),(Red)

Baca juga : Ricky Kekos Rilis Lagu Berjudul “Sayang Palsu”

Baca juga : Acara Ulang Tahun Bunda Noor Nurhasanah (Belanda), di Omah Kuliner Bekasi Rabu 9 Maret 2022

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama