Profil dan Biodata Penyanyi dan Presenter Legendaris Bob Tutupoly, Meninggal Dunia Selasa 5 Juli 2022

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Bob Tutupoly sudah jarang terdengar namanya setelah sekian lama dikabarkan mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Penyanyi sekaligus presenter legendaris itu dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (5/7/2022).

Memiliki nama asli Bobby Willem Tutupoly atau lebih dikenal di dunia hiburan tanah air dengan nama Bob Tutupoly. Lahir pada tanggal 13 November 1939 di Surabaya.

Bob Tutupoly memulai kariernya di dunia rekaman pada 1965 bersama Patty Bersaudara. Bob Tutupoly dikenal dengan lagu yang berjudul “Lidah Tak Bertulang”, “Tiada Maaf Bagimu”, “Tinggi Gunung Seribu Janji”, dan lain-lain.

Pada 1963, Bob Tutupoly diminta menggantikan Bill Saragih sebagai vokalis band The Riders, yang tampil dalam Nirwana Super Club, Hotel Indonesia. Bob sempat meraih predikat penyanyi kesayangan ABRI pada 1966-1969.

Kemudian, pada 1969 ia pindah ke Amerika Serikat. Impian rekaman di Amerika tak terwujud. Namun, Bob bergabung dengan The Midnighters untuk manggung di San Fransisco dan Los Angeles. Ia juga pernah bernyanyi di klub kota Las Vegas. Pada 1976, Bob pulang ke Indonesia dan merekam “Widuri” pada 1977, ciptaan Slamet Adriyadie. Lagu itu hit pada masanya dan masih dikenal hingga era sekarang.

Bob Tutupoly adalah anak kedua dari lima bersaudara, pasangan perantau dari Maluku, Adolf Laurens Tutupoly (ayah) dan
Elisabeth Wilhemmina Henket-Sahusilawane (Ibu).

Bob Tutupoly dilahirkan di RS William Booth, Jalan Diponegoro, Surabaya. Kegemaran Bob Tutupoly akan dunia tarik suara telah ditunjukkannya sejak kecil dan mulai bernyanyi untuk mendapatkan uang jajan tambahan pada masa remajanya.

Saat duduk di bangku SMA Bob Tutupoly diajak bergabung dalam Kwartet Jazz di RRI Surabaya oleh Didi Pattirane. Bersama Didi Patirane, Bob juga merekam lagu-lagu daerah Maluku, seperti Mande-mande, Sulie, dan Donci Bagici. Rekaman tersebut difasilitasi oleh perusahaan rekaman milik negara, Lokananta.

Pada masa-masa itu, Bob juga diminta bergabung dengan Chen Brohers (Bubi Chen, Nico, Jopie Chen, dan Frans) untuk mengisi acara dansa kalangan atas. Bob Tutupoly pernah tergabung di dalam Band Bhinneka Ria bersama dengan Bubi Chen, Loudy Item, Award Seweileh, Marius Diaz, Hasan Alamudin, dan Yusmin. Band ini berhasil menjuarai festival band di Surabaya dan festival Band se-Jawa di Jakarta. Band Bhinneka Ria sempat bermain bersama Trio Los Pancos dan merekam lagu Oto Bemo, Kopral Jono, dll.

Itulah profil dan biodata Penyanyi dan Presenter Legendaris Bob Tutupoly.(Red)

Baca juga : Ernie Djohan Penyanyi Pertama Indonesia Yang Go Internasional dan Peraih Golden Record

Baca juga : Stevie Wonder Musisi Yang Tak Pernah Mengeluh Dengan Keterbatasannya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama