Saleem Iklim Penyanyi Legendaris Negeri Jiran Malaysia

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Para penggemar musik Melayu di era 90’an sering mendengar nama Saleem Iklim. nama Iklim dibelakang nama Saleem Iklim diambil dari grup bandnya Iklim. Saleem Iklim penyanyi asal Malaysia yang begitu terkenal bukan hanya dinegaranya sendiri, tapi terkenal juga di Singapura, Brunei Darussalam juga di Indonesia.

Lagu-lagu Saleem Iklim pada era 90’an sering diputar dan didengar. Saleem lahir pada tanggal 31 Agustus 1961 di Trengganu Malaysia, dengan nama Saleem Abdul Majeed, Saleem mempunyai darah campuran India Muslim dan Melayu.

Saleem sebelum terjun ke dunia tarik suara, awalnya Saleem mempunyai cita-cita sebagai nelayan, namun tidak kesampaian. Untuk menyambung hidup, Saleem bekerja sebagai juru masak disebuah kantin, dan sejak masih remaja Saleem sudah mempunyai kemampuan olah vokal yang sangat luar biasa, dengan ciri melengking dan punya karakter.

Saleem menyadari bahwa tidaklah mudah untuk menjadi seorang penyanyi top di Malaysia, dan Saleem merasa punya wajah yang kurang keren untuk jadi seorang penyanyi. Saleem tidak putus asa untuk tetap menjadi penyanyi, dia pun belajar vokal kepada seorang penggugah lagu terkenal yaitu Wan Zul, namun Wan Zul meyakini Saleem, bahwa dengan karakter suaranya yang khas dia akan sukses di dunia musik.

“Lima atau sepuluh tahun lagi, kasetmu akan berada di rumah orang-orang yang suka dengan lagu slow rock Melayu, naik di Malaysia maupun di Indonesia,” kata Wan Zul saat itu.

Dan lagu debut Saleem Iklim yang berjudul ‘Suci Dalam Debu’, booming di tiga negara. Pada 1988 Saleem membentuk grup band rock, dengan formasi dirinya sebagai sang vokalis, dan nama grup band tersebut adalah Iklim, hingga akhirnya nama panggungnya dikenal dengan nama Saleem Iklim.

Nama Saleem Iklim semakin populer, namun populeritasnya membuat Saleem Iklim lupa diri, dan pada 1994 dia berurusan dengan pihak berwajib karena kasus narkoba. Masih di tahun yang sama Pemerintah Malaysia resmi melarang Saleem Iklim untuk tampil dilayar kaca.

Kecanduannya akan narkoba membuat jalan hidup Saleem Iklim kian terpuruk, bahkan Saleem sudah tidak peduli lagi dengan personil Band Iklim lainnya. Akhirnya Saleem Iklim dikeluarkan dari Grup Band Iklim.

Saleem menjalani kehidupan dipenjara beberapa tahun, namun pada 2004 Saleem kembali ditangkap dengan kasus yang sama, sejak saat itu dia mulai sadar akan perbuatan buruk yang selama ini dilakukannya.

Ketika kembali keluar dari penjara, Saleem termotivasi untuk membenahi jalan hidupnya. Pada 2006 Saleem bekerja sama dengan Warner Music untuk rekaman lagu. Album rekamannya cukup sukses dan Saleem mulai menjalani pernikahan dengan Julia Bachok, meskipun bukan pernikahan pertamanya.

Tiada yang menyangka setiap mahluk hidup, diakhir hidupnya menghadapi kematian dengan cara masing-masing, dan tiada yang menyangka kisah hidup Saleem Iklim harus berakhir cukup tragis. Saleem Iklim diketahui mengalami kecelakaan parah yang mengakibatkan dirinya koma selama dua minggu.

Pada 2018 kecelakaan itu yang akhirnya merenggut nyawa sang penyanyi legendaris asal negeri Jiran Malaysia. Saleem Iklim berjaya menjadi penyanyi namun terpuruk karena narkoba dan wafat karena mengalami kecelakaan parah. Namun prestasi yang ditorehkan sebagai penyanyi akan tetap melegenda, dikutip jalurseleberiti.com dari berbagai sumber.(Red)

Baca juga : Zara Leola Penyanyi dan Bintang Film, Putri Dari Musisi Enda Ungu

Baca juga : Shakira Jasmine Penyanyi Jebolan The Voice Kids Indonesia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama