Biografi Singkat Jamrud Band di Dunia Musik Indonesia

Jakarta || jalurseleberiti.com ||

Sebelum bernama Jamrud, band asal Cimahi yang dibentuk pada tahun 1984 bernama Jam Rock. Jam Rock Band dengan formasi : Azis Mangasi Siagian (Gitar), Fitrah Alamsyah (Gitar), Shandy Handoko (Drum), Ricky Teddy (Bass) dan Krisyanto (Vokal),

Puas dengan mengcover lagu, Jam Rock mulai merekam lagu karya sendiri, akhirnya Jam Rock bekerjasama dengan Log Zhelebour dan Jam Rock berganti nama menjadi Jamrud.

Dibawah naungan Logis Record, Jamrud merilis album perdana yang berjudul Nekad pada 1996. Album Nekad terjual sebanyak 150 ribu keping dalam waktu singkat.

Disusul dengan kesuksesan mereka di album Puteri yang dirilis setahun berikutnya. Album kedua Jamrud berhasil terjual 250 ribu keping.

Kesuksesan Jamrud terus berlanjut dengan dirilisnya album ketiga mereka yang berjudul Terima Kasih pada tahun 1998. Album ini pun meledak dipasaran dengan terjual sebanyak 750 ribu keping, dengan singel hits Berakit-rakit dan Terima Kasih.

Jamrud mendapat penghargaan sebagai Album Rock Terbaik Dalam ajang AMI Award tahun 1999. Puncak kejayaan Jamrud pada tahun 2000 dengan dirilisnya album Ningrat, dengan terjual sebanyak 2 juta copy, album Ningrat juga mendapat 5 penghargaan AMI Award pada tahun 2000.

Kesuksesan album Ningrat membawa Jamrud melakukan rekaman untuk album selanjutnya di Australia. Dan Jamrud di Australia merilis album Sydney 090102, yang terjual hampir 1 juta keping, dengan salah satu hits-nya ‘Selamat Ulang Tahun’. Album Sydney berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Album Rock Terbaik dalam ajang AMI Award pada tahun 2002.

Setelah merilis 7 album, sang vokalis Krisyanto memutuskan keluar dari band dengan alasan jenuh dan lelah dengan aktivitas di bidang musik. Setelah Krisyanto keluar dari Jamrud, posisinya digantikan oleh Jaja Amdonal, dan Mochamad Irwan yang mengisi formasi sebagai gitaris kedua.

Dan masuknya drummer Danny Rachman yang menggantikan Suherman Husin. Dengan formasi baru Jamrud merilis album bertajuk New Perfomance pada tahun 2009. Selanjutnya Jamrud berusaha kuat untuk melepas dari bayang-bayang era kejayaan saat masih dengan Krisyanto sebagai vokalis, dengan merubah imagenya, disusul dengan dirilisnya album Bumi dan Langit Menangis.

Jamrud juga sempat menambah personil dengan masuknya Iwan Vox, untuk mengisi vokalis kedua. Namun Iwan Vox mengundurkan diri dari Jamrud pada tahun 2011.

Masih di tahun 2011, Krisyanto kembali bergabung dengan Jamrud, dan kembali merilis album Bumi dan Langit Menangis yang diganti judulnya menjadi Energi Dari Bumi dan Langit. Tak lama kemudian vokalis Jaja Amdonal keluar dari Jamrud.

Pada tahun 2012, Jamrud merilis album dengan judul Saatnya Menang. Jamrud sampai dengan saat ini masih aktif manggung, penampilannya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya, karena lagu-lagu hits Jamrud sangat melekat dihati para penggemarnya.(Red)

Sumber : YouTube Dosis Musik Harian

Baca juga : Profil Kathleen Carolyne Aktris Pemeran Larisa di Sinetron “Bintang Samudera”

Baca juga : Profil Intan Melodi Jebolan AFI 2013, Aktris Pemeran Citra di Sinetron “Ruang Waktu”

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama