Eddy Gerald Penyanyi dan Pencipta Lagu Bergabung di Publisher Nusa Musik

Jakarta (21/1/2023), jalurseleberiti.com

Music Publishing amatlah sangat penting bagi musisi, banyak terjadi hal yang memprihatinkan buat para pencipta lagu di Indonesia. Banyak pencipta lagu yang sukses pada zamannya, diusia senja kehidupan mereka tidak punya cukup uang, bahkan serba kekurangan.

Bahkan setelah mereka meninggal dunia, tidak ada manfaat ekonomi yang diwariskan kepada para ahli warisnya. Salah satu perusahaan music publisher PT. Nusa Musik Publisher yang merupakan salah satu group PT Media Berkat Nusantara adalah salah satu perusahaan yang ingin mengambil bagian untuk perlindungan kepemilikan karya dari pencipta lagu di era digital saat ini.

Menurut penjelasan owner Nusa Music, Sastromijoyo Lumban Gaol, bahwa banyak musisi yang belum mengetahui mengelola lagu yang diciptakannya, seperti perlindungannya, dan bagaimana caranya agar lagu karya ciptanya mendapatkan manfaat ekonomi atas lagu karyanya diera digital.

Seharusnya seorang pencipta lagu harus paham hal-hal dasar yang harus dilakukannya seperti memberikan indentitas lagu (ISRC), bergabung dengan LMK pencipta lagu seperti WAMI, KCI dll. Namun saat ini banyak pencipta lagu belum melakukan hal tersebut.

Bahkan ada juga hal lainnya, seperti lagu-lagu karya orang tuanya yang pernah hits dizamannya, namun ahli warisnya tidak melindungi dengan baik lagu-lagu karya cipta orang tuanya yang bisa hilang ditelan zaman atau dimanfaatkan oleh pihak lain.

“Jangan sampai anak atau cucu pencipta lagu terkenal tidak mendapatkan apa-apa, padahal lagu-lagu karya cipta bapak atau kakeknya masih berseliweran di YouTube, namun yang menikmati manfaat ekonominya orang lain, itulah fenomena yang banyak terjadi dan dialami para pencipta lagu diera digital saat ini,” ungkap Sastro.

Masih menurut Sastromijoyo Lumban Gaol, ada produser music mau memakai sebuah lagu, namun pencipta lagu oleh publisher dilacak keberadaannya, namun tidak ditemukan, bahkan ketika dilacak ke lembaga-lembaga publisher ternyata lagu tersebut juga tidak ada dipublish. Hal tersebut terjadi karena kekurang pahaman para ahli waris bahwa lagu itu diera digital ini, agar aman dan ada manfaat ekonominya harus dipublish ke perusahaan-perusahaan publisher.

Penjelasan yang diberikan oleh Direktur Utama PT Media Berkat Nusantara, Sastrowijoyo Lumban Gaol tersebut diatas agar para pencipta lagu memahami bagaimana karya ciptanya aman dari para penjiplak dan mendapatkan manfaat ekonomi buat pencipta lagu itu sendiri dan juga sebagai warisan buat para ahli warisnya

Salah satu penyanyi dan pencipta lagu Eddy Gerald yang aktif menciptakan puluhan karya ciptanya, beberapa waktu lalu berniat bergabung di publisher Nusa Musik, publisher yang ada dibawah naungan PT Media Berkat Nusantara milik Sastrowijoyo Lumban Gaol. Setelah mendapat penjelasan Eddy Gerald membuat daftar lagu-lagu yang diciptakannya, agar ada manfaat ekonomi yang diperoleh Eddy Gerald sebagai penulis lagu.(Red)

Artikel yang sama telah ditayangkan di saatkita.com, dengan judul artikel : Penyanyi dan Pencipta Lagu Eddy Gerald Bergabung di Publisher Nusa Musik

Baca juga : AYUENSTAR Tampil Beda Di Lagu Baru “Manusia Putus Asa”

Baca juga : THE RAIN Keluarkan Serial Video 21 Tahun Jelang Hari Spesial Di Akhir Tahun 2022

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama