Kementerian Kesehatan Meningkatkan Ketahanan Nasional di Bidang Farmasi dan Alat Kesehatan


saatkita news - Pameran yang berlangsung pada 9-11 November 2023 yang lalu itu merupakan salah satu langkah nyata Kementerian Kesehatan dalam memperkuat ketahanan nasional atau ketahanan industri farmasi dan alat kesehatan.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat membuka pameran mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA). Oleh karena itu, Wapres berharap dapat memperkuat upaya penguasaan teknologi dan inovasi untuk memastikan pembangunan Indonesia, termasuk kesehatan, tidak tertinggal dari negara lain. “Kita harus sungguh-sungguh menyadari bahwa inovasi dan teknologi kesehatan adalah wajah peradaban masa depan, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang praktis, cepat, mudah dan terjangkau,” kata Wapres, Kamis (9/11).


Wapres berharap pameran ini menjadi wadah berbagi praktik unggulan dan wadah bagi setiap peserta untuk mempromosikan produknya. Dengan demikian pemanfaatan tanaman asli Indonesia yang dikenal berkhasiat obat sebagai bahan baku industri obat tradisional menjadi semakin maju dan bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.

“Mari kita berdayakan pengetahuan tradisional dan warisan budaya untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi kesehatan masyarakat,” ujarnya. Di tempat yang sama, Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin mengatakan pemerintah saat ini sedang melakukan transformasi pilar ketiga kesehatan, yaitu transformasi ketahanan kesehatan, untuk mencapai kemandirian obat dan alat kesehatan dalam negeri.


Menkes menjelaskan kemandirian alat kesehatan dan farmasi telah tercapai. Saat ini, jumlah perusahaan yang mampu memproduksi vaksin dalam negeri bertambah dari satu menjadi tiga. Pada saat yang sama, jumlah vaksin yang dapat diproduksi di dalam negeri juga meningkat dari satu menjadi empat. Nah, sebagian besar bahan baku obat impor kini sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

Pameran alat kesehatan dan farmasi dalam rangka HKN ke-59 bertajuk “melesat maju menuju resiliensi kesehatan” rencananya akan digelar di JCC Jakarta selama 3 hari hingga 11 November 2023. Berikut beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan pada Pameran Farmasi dan Alat Kesehatan

1. Launching Tanaman Obat Indonesia Unggulan dan Perpres Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu.

2. Pameran yang menampilkan produk dalam negeri berupa sediaan farmasi (obat, bahan obat, obat tradisional, dan kosmetika) dan alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT).

3. Seremoni Signing beberapa agreement yaitu terkait pengembangan vaksin halal berbasis mRNA, pengembangan produksi alat kesehatan dalam negeri, termasuk dukungan layanan primer, dan pengembangan first-in-class RNA centric cancer early detection tests optimized for the Indonesian population.

4. Pemeriksaan kesehatan gratis, seperti pemeriksaan mata, terapi akupuntur, pemeriksaan kepadatan tulang, pemeriksaan gula darah, deteksi dini penyakit tidak menular, deteksi dini kardiovaskular menggunakan NIVA, donor darah, deteksi dini kanker servix dengan IVA dan DNA HPV, deteksi dini kanker payudara menggunakan USG, dan unit mobile mamografi.

5. Business matching dan business networking terkait pemenuhan kebutuhan alat kesehatan untuk berbagai program prioritas dan penjajakan potensi kerja sama ‘green industry’ pada sektor industri farmasi yang diikuti oleh entitas industri farmasi dan alat kesehatan nasional, para peneliti, serta mitra luar negeri.


6. Talkshow untuk media edukasi kepada masyarakat, seperti peluang obat bahan alam dalam mendukung kesehatan dan wisata kebugaran di era industri 4.0, pengembangan produk teknologi tinggi, seperti MRI, vaksin m-RNA, dan precision diagnostic, green pharmaceutical industry, dan kesiapan Indonesia dalam menghadapi wabah dan pandemi di masa yang akan datang.

7. Pemberian penghargaan Karya Anak Bangsa kepada Inventor, Industri dan Start-up Company di bidang Farmasi dan Alat Kesehatan.

8. Pemberian penghargaan kepada beberapa Dinas Kesehatan, rumah sakit, dan penghargaan lainnya.

Pameran ini juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan, hiburan masyarakat seperti orchestra, live music, games, dan doorprize yang seluruhnya gratis untuk umum. (red) 

sumber : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama