Soft Launching Gerai Produk UMKM Unggulan Kota Cilegon di Cilegon Center Mall Lt-2

Cilegon (30/7/2024), saatkita.com - Guna mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cilegon naik kelas, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon yang berkolaborasi dengan PIWKU Inkubator Bisnis menggelar Soft Launching Gerai Produk Unggulan yang bertempat di lantai 2 Cilegon Center Mall (CCM), pada hari Minggu 28 Juli 2024.

Soft Launching Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kota Cilegon dihadiri langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Muspida, pejabat pemerintah Kota Cilegon, para penggiat UMKM dan Koperasi serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah giat melaksanakan peningkatan SDM dan kualitas produk UMKM yang ada termasuk bagaimana meningkatkan penjualan dan promosi produk melalui pameran-pameran yang ada. 

"Ke depan kami tengah mempersiapkan Gedung Dekranasda di JLS sebagai Pusat Oleh-oleh terbesar di Banten dan saat ini bekerja sama dengan Cilegon Center Mall kami telah menandatangi MoU untuk pemanfaatan lokasi bagi UMKM yang ada di Kota Cilegon di lantai dua yang mulai hari ini masyarakat Cilegon yang memiliki produk silakan langsung mendaftarkan diri," kata Walikota Cilegon. 

Kepala Dinas Koperasi & UKM, Drs.H. Dindin S. Maulana, M.M., berharap dengan adanya Gerai Produk  Unggulan Kota Cilegon di Cilegon Center Mall (CCM) ini bisa meningkat penjualan UMKM. 

"Karena salah satu kelemahan UKM kita itu yaitu sulit untuk memasarkan produk, karena itu, dengan adanya Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon di CCM ini, bisa meningkatkan penjualan UMKM," ucapnya.

Sementara itu, Heryati, S.Si., M.M, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon sebagai penanggung jawab kurasi produk bersama Disperindag Kota Cilegon mengatakan, Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon di CCM ini akan menjadi wadah bagi para UMKM Cilegon untuk memasarkan produk-produknya. 

"Soft Launching Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon oleh Bapak Wali Kota, dirangkaikan sebetulnya berbarengan dengan hari koperasi, Alhamdulillah Bapak Walikota Cilegon sangat support sekali dengan adanya Gerai UMKM di CCM ini," katanya.

Selain itu, Heriyati juga menjelaskan bahwa syarat produk yang akan ditampilkan di Gerai ini harus dikurasi terlebih dahulu untuk menentukan produk UMKM tersebut memenuhi syarat untuk dipasarkan, baik secara kualitas rasa, kualitas kemasan maupun Legalitas/ijin-ijinnya. Apabila semuanya sudah memenuhi syarat, tentunya produk UMKM tersebut bisa dipasarkan di Gerai Produk Unggulan kota Cilegon di Cilegon Center Mall (CCM).

"Nanti kami akan mengkurasi produk-produk apa saja yang akan ditampilkan di Gerai UMKM Produk unggulan di CCM ini. Untuk jumlah kapasitasnya dimana kami berkolaborasi dengan PIWKU Inkubator Bisnis sebagai pengelola terkait dengan jumlahnya," ujarnya.

Sementara, Laura Irawati, S.Sos., C.H, Direktur PIWKU Inkubator Bisnis mengatakan bahwa PIWKU Inkubator Bisnis dipercaya oleh Pemkot Cilegon untuk mengelola secara profesional Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon di CCM ini agar UMKM Cilegon naik kelas secara real, sehingga sama seperti produk-produk nasional. 

"Alhamdulillah kami PIWKU Inkubator Bisnis dipercaya oleh pemerintah untuk mengelola secara profesional Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon, dimana kami juga akan melakukan terobosan pemasaran digital bagi produk-produk yang ada di gerai sesuai arahan dan ide inovasi dari pak Helldy Agustian Wali Kota Cilegon untuk UMKM naik kelas secara real," ujar Laura.

Laura menegaskan, khusus di lokasi Gerai CCM pihaknya tidak menerima produk yang tidak/belum memiliki legalitas. 

"Kami mengikuti arahan pemerintah bahwa kami tidak bisa menerima produk yang belum memiliki legalitas. Sehingga terjaga, baik daripada kualitas produk ataupun dari kemasannya. Ini sangat penting, kenapa? kita ada di mall yang besar modern yang berbeda dengan kemasan atau marketing biasa sehingga ada standarisasi yang harus dipenuhi pemilik produk untuk dapat ikut serta didalamnya," tuturnya.

Karena itu, dengan adanya Gerai Produk Unggulan Kota Cilegon ini, Laura berharap kualitas dan juga posisi dari UMKM naik kelas sehingga sama seperti produk-produk Nasional yang ada di Mall CCM. 

"Semoga ini bisa di tangkap oleh masyarakat dan ini bersifat umum, semua bisa masuk, tidak harus menjadi binaan Pemkot yang mungkin Pemkot belum semuanya masuk gitu kan. Nah, ini kita membuka untuk semua lapisan masyarakat punya produk kuliner, garmen dan kerajinan," ucapnya.

"Jadi tidak ada pandang bulu, Pak Wali Kota sudah instruksi semua diterima tapi harus melalui legalitas dan kualitas produk yang memang sudah layak untuk ada di mall CCM," tutup Laura.

Bagi Masyarakat Kota Cilegon yang ingin ikut serta dapat menghubungi Tim Marketing Wiwik Samadi 0812-9507-1836, Ester Naomi 0813-8048-7017, Heriyah 0819-0649-3840, Marini 0821-1495-6351 dan Murod Adli Syahputra 0877-7314-6679. (Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama