Bakti Sosial Dengan Melakukan Pencegahan DBD Diadakan Karang Taruna Kelurahan Sepatan

Tangerang (3/8/2024), saatkita.com - Karang Taruna Kelurahan Sepatan mengadakan respon cepat bakti sosial dengan melakukan fogging untuk mencegah penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD). Sasaran fogging yakni di selokan, gorong-gorong, dan bangunan kosong yang diduga sarang nyamuk, pada Jumat (2/8/2024).

Adanya laporan dari ibu RT 05/04 kelurahan Sepatan, Sukaesih mengatakan ada beberapa warganya yang terkena gigitan nyamuk demam berdarah (Dengue) kepada Karang Taruna, mendengar hal itu Ketua Karang Taruna langsung berkordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Sepatan dan juga kepada Puskesmas guna melakukan pencegahan DBD. 

Apalagi wilayah Sepatan sudah mulai turun hujan sangat riskan banyaknya nyamuk, karena biasanya got-got banyak sampah yang tersumbat di situlah mulainya nyamuk berkembang biak.

"Saya bersama Pengurus Karang Taruna langsung bergerak untuk melakukan kerja bakti melakukan pembersihan sampah dan mengecek tempat-tempat yang diduga berkumpulnya nyamuk seperti di rumah kosong, dengan melakukan pengasapan fogging, mudah-mudahan nyamuk penyebar DBD mati dan tidak berkembang biak," harapnya.

Menurut Ketua Karang Taruna, Feby Chrysandi mengatakan, "pengasapan fogging ini hanya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan bersifat sementara. Yang terpenting masyarakat harus memiliki Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Seperti melakukan pembersihan terhadap saluran air (got), bak mandi dan sampah kaleng atau sampah yang dapat menampung air,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Karang Taruna , Ketua RW dan juga masyarakat sekitar, kegiatan dimulai dari siang hari di wilayah Kampung Sulang RT.05/04 Kelurahan Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten.


Bambang S, Ketua RW 04 mengatakan, "saya mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh pemuda Karang Taruna yang sudah respon cepat laporan bukan kali ini sudah beberapa kali saya meminta tolong kepada Karang Taruna begitu saya laporan langsung di respon cepat saya berharap kepada pemuda pemudi Karang taruna kelurahan Sepatan terus berbuat kebaikan lebih lebih di setiap kegiatan sosial seperti ini,” tutur Ketua RW 04.

Feby Chrysandi menambahkan, "mudah-mudahan dengan gerakan 3M merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit DBD yakni: Menguras penampungan air, Mengubur barang bekas, dan Menutup penampungan air," pungkasnya. (Red)

Jurnalis: Rudolf

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama