Peran Aktif Masyarakat dan Pemuda Sangat Diperlukan Dalam Menangani Narkoba

Jakarta (23/8/2024), saatkita.com -
Kepala Tim (Katim) P2M Badan Narkotika Nasional Nasional Provinsi (BNNP) DK Jakarta, Joko Purnomo, berkesempatan hadir menjadi pembicara dialog interaktif bertajuk 'Peningkatan Pencegahan, Peredaran, Penanggulangan, dan Penyalahgunaan Narkotika di Jakarta Barat'. Yang di selenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Administrasi Jakarta barat, kamis (22/8/2024).

Pada kesempatan tersebut Joko menyampaikan, perlunya peran aktif masyarakat dalam menangani ancaman Narkoba di Indonesia. 

“Dengan luasnya Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini, dapat menyebabkan adanya banyak pintu atau jalur masuk peredaran Narkoba, bagi para pebisnis narkotika dari luar negeri melalui jalur-jalur tidak resmi. Disinilah diperlukan peran aktif masyarakat secara keseluruhan, untuk turut menanggulangi permasalahan narkotika, kalau masyarakat tidak berperan aktif, dan tidak bekerja sama, pasti akan sulit mengawasi peredaran Narkoba,” jelas Joko. 
Agar masyarakat, kalangan pemuda dan pelajar dapat terhindar dari kasus narkoba, Joko berpesan, supaya ketakwaan masyarakat kepada tuhan selalu dijaga.

”Lalu, menambah edukasi terkait bahaya Narkoba juga perlu, karena orang tidak akan paham kalau tidak berani menghadapi masalah. Sehingga masyarakat juga perlu bimbingan kalau bertemu pecandu Narkoba, tidak harus dijauhi dan dikucilkan, bawa saja ke BNNP DK Jakarta karena mereka pasti akan direhabilitasi kalau melaporkan diri, tidak akan diproses hukum dulu,” pesan Joko.

Joko mengatakan, Indonesia bersih dari Narkoba tidak akan terwujud, jika tidak ada keikut sertaan masyarakat, Pemuda dan pelajar dalam menanggulanginya.

“Karena permasalahan Narkoba adalah permasalahan kita bersama, maka penanganan juga harus jalan bersama-sama. Partisipasi dan peran aktif masyarakat, pemuda dan pelajar sangat-sangat mempengaruhi keberhasilan penanganan permasalahan Narkoba ini. Mari kita selamatkan anak bangsa kita supaya negara kita dapat lebih maju dan makmur serta sejahtera masyarakatnya,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Edy dari Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) sangat berharap adanya peraturan Daerah (Perda).DK Jakarta mengenai Narkotika.

"Tujuannya untuk memaksimalkan menjalankan program Penindakan dan Pencegahan Narkoba di jakarta barat," tandas Edy. (Firman Alfahrez)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama