Ratusan Warga Dari Beberapa RT di RW 03 Penggilingan, Antusias Ikuti Karnaval Kemerdekan

Jakarta (25/8/2024), saatkita.com - Karnaval memiliki makna yang mendalam dalam budaya tempat ia diadakan. Ia tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai ekspresi identitas budaya, protes sosial, atau bahkan pembebasan diri dari norma-norma sosial yang ketat.

Karnaval menjadi momen ketika orang-orang dari berbagai latar belakang dapat bersatu dalam semangat kebersamaan, merayakan keragaman, dan menikmati hidup dengan cara yang berbeda dari keseharian mereka.

Ratusan warga dari 12 RT di RW 03 Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur Bersama FBR Gardu 06 dan Jackmania Bona ikut memeriahkan kegiatan karnaval dalam rangka Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang Ke-79.

Karnaval Kemerdekan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselengarakan oleh Pengurus Rukun Warga (RW) 03 Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Minggu,(25/8/2024).
Berbagai macam busana yang di pakai oleh para warga dari pakaian Tuyul, Kuntilanak, Pocong, Petani, Polisi, Tentara, Siswa Sekolah dan lainnya sebagainya, termasuk ada satu pakaian yang menarik perhatian awak media yaitu busana korban judi online yang memakai pakaian compang camping layaknya orang miskin.

Karnaval tersebut diikuti dari semua elemen masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa baik perempuan maupun laki laki dan walaupun kondisi cuaca tidak mendukung karena terik panas tapi tidak mematahkan semangat para peserta, malahan  tampak ratusan warga tersebut dengan antusias dan riang gembira mengikuti karnaval yang sengaja digelar setiap tahun pada bulan Agustus.

Pemberangkatan peserta parade karnaval dilakukan oleh Ketua RW 03  Juhartono didampingi sejumlah tokoh masyarakat dan Pengurus RW 03 dengan rute di mulai dari Jalan Raya Penggilingan lalu Finish di depan Kantor Seketariat RW 03 Jl.Bona, Kp Pisangan, Penggilingan, Kec. Cakung, Jakarta Timur.

Barisan terdepan diawali dengan anak-anak berbusana Reog Ponorogo dan pakaian pangsi betawi dari RT 11, selain itu di barisan depan juga ada pembawa trofi piala yang merupakan hasil pertandingan RW 03 dikancah turnamen olahraga tenis meja di tingkat Kelurahan Penggilingan dalam rangka HUT Kemerdekan RI ke-79, dan kontingen asal RW 03 berhasil meraih juara ke 3 (tiga).

Dilanjutkan dengan peserta lain dari ke 12 RT yaitu antara lain RT.01, RT.02,  RT.04, RT.05, RT.06, RT.07, RT.08, RT.10, RT.11, RT.13, RT.14, dan RT.15.

Karnaval Kemerdekaan RI ke-79 RW 03 tersebut di sponsori oleh LMK RW 03, Anggota DPD RI Asal DKI Jakarta Hj. Fahira Fahmi Idris, S.E., M.H, H.Muklis, PT.Panca Sutji Jaya, PT.Gas Prima, LDII Penggilingan, Grosir Souvernir 58, Warteg Tiara, dan di dukung oleh FBR Gardu 06, Bona Raya Bersatu, Dirga Chemical, Holistic Healing Therapy Herbalist, Ababil 3 Ambulance, Komunitas Mancing Putra Bona, CE digital printing, Bang Japar Komwil Jakarta Timur, Toko Gatot, dan Soto Ayam Segar Enak Suroboyo Bapak Kafi.

Juhartono Ketua RW 03, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur saat ditemui awak media selepas karnaval menyampaikan bahwa kegiatan ini, dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, RW 03 melaksanakan karnaval tingkat RW yang diikuti oleh RT yang ada di wilayah RW 03.

"Insyaallah setiap tahun kita melaksanakan karnaval ini,karena tujuannya untuk merayakan bersama dengan warga RW 03, dalam rangka menyambut HUT RI setiap tahunnya," ujarnya. 

Lebih lanjut, Juhartono mengatakan bahwa kegiatan karnaval yang digelar tersebut diikuti 12 RT yang ada di RW 03 Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah dari 15 RT yang mengikuti 12 RT, ditambah dengan FBR, Jakmania sehingga cukup meriah pada perayaan karnaval pada hari ini Minggu 25 Agustus 2024, seperti contohnya kemarin karena kita terhambat oleh dana, jadi dari pihak RW dan staf mencari dana mandiri, dan kita sifatnya hanya agar mengembirakan warga ikut serta dalam kegembiraan di dalam menyambut HUT RI Ke 79 ini" bebernya.

"Harapannya ke depan mungkin kita bisa menyelenggarakan lebih baik lagi, mungkin dengan adanya hadiah-hadiah dan lebih banyak lagi RT yang mengikuti event ini di tahun depan berikutnya," imbuhnya. 

Saat ditanya ada kegiatan apa selain karnaval dalam peringati hari Kemerdekan Republik Indonesia Ke-79 ini, Jurhartono mengatakan, kegiatan di RW itu sifatnya di tiap-tiap RT, yaitu mereka menyelenggarakan perlombaan perlombaan warga, seperti perlombaan ada di tiap-tiap RT. 

"Adapun RW mengikuti even di tingkat Kelurahan seperti bulutangkis dan tenis meja dan Alhamdulilah tenis meja kita mendapatkan Juara ketiga," urainya.

Sedangkan ditempat yang sama, Dzanu W Ketua Panitia Karnaval HUT Kemerdekan Republik Indonesia Ke-79 
menjelaskan luar biasa semangatnya perlu dipertahankan RW 03 kompak dan selalu guyub rukun. 

"Harapannya tahun depan lebih meriah lagi lebih heboh lagi lebih kompak semua RT bisa ikut semua Ormas bisa ikut," tandasnya. (Red)

Jurnalis: Zaenal Langgar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama