Atasi Lampung, Ganda Putri Sumut Jaga Harapan Tuan Rumah

Medan (16/9/2024), saatkita.com - Pasangan ganda putri Fransiska Pray Adventri Sitopu/Nazwa Salsabila menjadi wakil Sumatera Utara (Sumut) pertama yang lolos ke babak 16 besar cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 kategori perseorangan. Sebelumnya di sektor ganda campuran, tunggal putri, dan tunggal putra, wakil-wakil Sumut “gugur berjemaah”.

Bermain di hadapan penonton yang memadati GOR PBSI Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan, Minggu sore (15/9/2024), Fransiska/Salsabila menekuk ganda putri Lampung, Fauzia Ainun Mardiah/Gloria Keren Afi Chandra dalam straight set 21-17 dan 21-15.

Meski menang, Fransiska dan Salsabila mengaku tidak puas dengan permainan mereka. 

“Main kami masih kotor. Masih banyak bola-bola yang nyangkut dan menambah poin bagi lawan,” kata Salsabila usai laga.

"Kami juga main agak buru-buru. Tadi kepingin cepat-cepat saja matikan bola. Jadinya beberapa kali justru mati sendiri. Harusnya kami bisa main lebih sabar,” ucap Fransiska menimpali.

Selain kurang sabar, beberapa kali juga terjadi salah pengertian di antara mereka. Chemistry Fransiska dan Salsabila memang belum terbentuk lantaran baru dipasangkan menjelang PON XXI. Bahkan, pengakuan Salsabila, di pelatda pun sesungguhnya mereka tidak direncanakan turun sebagai ganda putri.

“Kami ini bisa dibilang pasangan yang terbentuk karena 'musibah'. Saat pelatda pun boleh dikata sangat jarang dicoba untuk dimainkan bersama sebagai pasangan ganda putri. Jadi walau kami berkawan, sudah lama berlatih bersama, karena tidak pernah benar-benar jadi pasangan yang fix, ya, chemstry-nya memang belum begitu dapat,” kata Fransiska yang tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU).

Untungnya, kata Salsabila, yang merupakan siswa SMAN 2 Percut Sei Tuan, dukungan dari penonton yang memadati GOR menjadi motivasi mereka.

“Kami lebih semangat, lebih pede. Terlebih-lebih saat pertandingan tadi kami lihat mental lawan agak down. Jadi kami serang terus,” ujarnya.

Di babak 16 besar yang digelar di tempat yang sama, Senin (16/9/2024), Fransiska/Salsabila akan menantang ganda putri Aceh yang melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan unggulan empat asal Jawa Timur.

Fransiska dan Salsabila meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Sumut agar mereka dapat tampil lebih baik dan melangkah ke babak berikutnya, sekaligus menjaga asa Sumut meraih medali dari cabor bulu tangkis.(Red/Okta)

Photo by : Julie Simanjuntak/ PB PON XXI SUMUT

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama