Duta dan Sarohatua Berpotensi Raih Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut

Pematang Siantar (20/9/2024), saatkita.com - Dua petinju putra asal Sumatera Utara, Duta Fadillah Simatupang dan Sarohatua Lumban Tobing, berpotensi besar meraih medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Penampilan impresif keduanya di babak semifinal, dengan kemenangan telak atas lawan-lawan mereka, memperkuat optimisme ini.

Duta Fadillah Simatupang, petinju andalan Sumut di kelas terbang ringan 48 kilogram, sukses menaklukkan lawan-lawannya dari babak penyisihan hingga ke final. Kemenangan sempurna di setiap laga yang dilakoni Duta menjadi indikator kuat bahwa ia siap meraih medali emas.

Serupa dengan Duta, Sarohatua Lumban Tobing, yang bertarung di kelas welter 67 kilogram, terus mencatat kemenangan dengan skor gemilang di setiap pertarungan. Dari babak penyisihan hingga final, Sarohatua tampil dominan, membuat publik Sumatera Utara yakin bahwa kedua petinju ini akan membawa pulang medali emas.

Kedua petinju ini sebelumnya sudah mencatat prestasi gemilang di kelasnya masing-masing. Duta Fadillah Simatupang adalah juara Kejuaraan Nasional Youth dan peraih gelar juara pertama Piala Pangdam Bukit Barisan 2023.

Sementara itu, Sarohatua Lumban Tobing memiliki rekam jejak yang lebih impresif. Ia adalah peraih medali emas di Piala Pangdam Bukit Barisan, dan telah dua kali ikut serta dalam PON, dengan torehan medali perunggu di kelas welter ringan pada PON XIX/Jabar 2016, serta medali emas di kelas welter pada PON XX/2021 Papua.

Sarohatua juga pernah tiga kali mewakili Indonesia di ajang SEA Games, meraih medali perunggu dan perak, serta sekali tampil di Asian Games XVIII 2018 Jakarta. (Red/Okta)

FOTO BY PB PON/Dhev Bakkara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama